Demos

“Tell me and I forget, teach me and I may remember, involve me and I learn.”― Benjamin Franklin

Import Matrix

A. Data Master
Berikut data-data yang harus dipersiapkan sebelum melakukan import data dari Program Matrix ke Program Galaxy.
A.1. Master Barang
a. Semua barang yang terdapat dalam Program Matrix harus diinput ke dalam Program Galaxy
b. Kode Barang
Kode Barang yang terdapat dalam Program Galaxy harus sama dengan kode barang yang terdapat dalam Program Matrix. Jika sebelumnya telah terlanjur menginput barang dengan kode berbeda dari Program Matrix, solusinya adalah dengan melakukan update Kode Barang Supplier yang terdapat pada Master Barang >> Tab Data Supplier.

c. Nama dan Isi Satuan
Nama dan isi satuan yang terdapat dalam Program Galaxy harus sama dengan nama dan isi satuan yang terdapat pada Program Matrix. Jika sebelumnya telah terlanjur menginput barang dengan nama dan isi satuan berbeda dari Program Matrix, solusinya adalah dengan melakukan update nama dan satuan barang di Program Galaxy.  Namun perubahan yang terjadi pada isi satuan barang akan berpengaruh terhadap jumlah stok barang yang ada digudang.

d. Harga Barang
Harga barang Mayora di Program Galaxy harus exclude PPN bukan include PPN (HargaPPN) karena harga barang dari mayora sudah include PPN 10%, jika pada Program Galaxy memilih include PPN maka barang akan include PPN sebesar 20%.
e. Stok Barang
Sebelum dilakukan import Matrix, semua stok yang ada di Program baik itu Matrix maupun Galaxy harus diopname. Jumlah stok barang Mayora di Program Galaxy harus sama dengan stok barang Mayora yang ada di Program Galaxy.


A.2. Master Salesman
a. Kode dan Nama Salesman
Kode dan nama salesman di Program Galaxy harus sama dengan kode dan nama salesman di Program Matrix, dikarenakan ini berpengaruh terhadap term masing-masing salesman. Jika sebelumnya telah terlanjur menginput salesman dengan kode dan nama berbeda dari Program Matrix, solusinya adalah dengan melakukan update kode dan nama salesman di Program Galaxy.


A.3. Master Customer
a. Seluruh Master Customer yang terdapat dalam Program Matrix harus didaftarkan juga pada Program Galaxy.
b. Kode dan nama customer di Program Galaxy harus sama dengan kode dan nama salesman di Program Matrix, dikarenakan ini berpengaruh terhadap term customer. Jika sebelumnya telah terlanjur menginput customer dengan kode dan nama berbeda dari Program Matrix, solusinya adalah dengan melakukan update kode dan nama customer di Program Galaxy.
c. Semua customer tunai di Mayora bisa didaftarkan di Program Galaxy, namun jika customer tunai jumlahnya sangat banyak sebaiknya ditampung dalam satu customer dummy. Program Matrix terdapat 3 Divisi (M1, M2, dan M3), sehingga dibuatlah  customer dummy untuk tiap divisi. Contoh Divisi 1 = M1TN, Divisi 2 = M2TN, Divisi 3 = M3TN.
d. Semua customer Mayora yang didaftarkan dalam Program Galaxy jenis PPN harus HargaPPN. Walaupun nantinya difaktur penjualan otomatis berubah menjadi PPN, karena jika customer diisi PPN akan berpengaruh terhadap retur karena retur tidak menggunakan pajak.


B. Proses Import Matrix
Sebelum melakukan proses import, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan :
1. Semua status Faktur baik Terkirim maupun Coretan  harus diselesaikan di Program Matrix.
2. Khusus untuk Transaksi Retur Penjualan, diinput juga kedalam Program Galaxy.
3. Closing dahulu Transaksi Penjualan di Program Matrix sebelum diimport ke Program Galaxy, pastikan bahwa semua tansaksi yang akan diimport sudah benar.
4. File yang akan diimport ke Program Galaxy merupakan hasil dari export Program Matrix dengan file berformat txt dengan nama JHEADER dan JDETAIL.

Proses import Matrix :
1. Buka Aplikasi Import Matrix
2. Pada Tab Proses terdapat kolom path yang berfungsi untuk menarik folder tempat penyimpanan file hasil export (JHEADER dan JDETAIL) Program Matrix.


3. Pada Tab Parameter, isikan semua kolom. Untuk kolom JHEADER, JDETAIL dan Pemisah Kolom sudah auto dari program. Sehingga file JHEADER dan JDETAIL tidak boleh diubah, baik direname maupun diedit isi filenya.


Kode Gudang : Diisi manual dengan kode gudang. Kolom ini hanya bisa diisi dengan satu jenis gudang, berdasarkan salesman yang melakukan penjualan.

Kode Cabang : Diisi manual kode cabang yang melakukan penjualan
Kode Supplier : Diisi manual kode supplier berdasarkan divisi salesman yang melakukan penjualan.
Kode Divisi : Diisi manual kode divisi yang akan diimport datanya ke Program Galaxy
Divisi : Pilih divisi berdasarkan data salesman yang melakukan penjualan.

4. Apabila kode customer akan diambil dari data Customer-Supplier maka checklist kolom “ Kode Supplier diambil dari data Customer-Supplier “.
5. Untuk menampung semua customer tunai, maka kolom “Jika customer tidak terdaftar, maka kode customer diisi dengan” harus diisi denga kode customer dummy.
6. Pastikan semua inputan parameter benar. Setelah input parameter selesai, kemudian klik Proses dan tunggu hingga proses selesai.
7. Setelah proses selesai, pilih Tutup untuk menutup aplikasi.

 


C. KASUS DAN PENYELESAIAN
Setelah melakukan proses import Matrix biasanya terdapat beberapa masalah yang terjadi, berikut akan kami jabarkan.
1. Jika kode barang yang terdapat pada data penjualan Matrix belum terdaftar/salah input pada Program Galaxy, data faktur penjualan tidak akan masuk .
Solusinya    : Insert Kode Barang Supplier pada master barang di Program Galaxy
2. Jika kode customer yang terdapat pada data penjualan Matrix belum terdaftar/salah input pada Program Galaxy, data penjualan untuk customer tersebut tidak akan masuk sehingga setelah proses import selesai akan muncul pemberitahuan bahwa kode customer tersebut tidak terdaftar.
Solusinya    : Jika kode customer yang tidak masuk tersebut salah maka kode customer di Program Galaxy harus insert.
3. Jika kode salesman yang terdapat pada data penjualan Matrix belum terdaftar/salah input pada Program Galaxy, data penjualan akan masuk namun term salesman tidak akan masuk sehingga data tidak akan valid.
Solusinya    : Hapus semua faktur yang telah diimport.

 


Hubungi Marketing

Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai produk atau request Live Demo/Presentasi, hubungi marketing kami.

Hubungi Marketing